Ada sesuatu yang berbeda dengan facebook kali ini. Facebook menambahkan fitur hastag (#) yang dipopulerkan oleh twitter. Seperti yang diketahui twitter sudah lama menggunakan fitur hastag.
Nampak bahwa facebook sedang mengikuti jejak twitter. Sampai saat ini twitter belum memberikan tanggapan resmi terhadap fitur jejaring sosial miliki Mark Zuckerberg.
Dikutip dari BuzzFeed Business (30/6/2013) Facebook hastag lebih ditargetkan kepada pengiklanan dibanding dengan twitter.
Dengan menambahkan tanda "#" di sebuah kata, membuat kata itu
menjadi sebuah tautan yang bisa di-klik. Kemudian muncul
sejumlah materi tentang pendapat orang lain mengenai topik tersebut.
Facebook mengatakan fitur ini menawarkan sebuah
"pandangan yang lebih luas tentang apa yang sedang terjadi."
Sosial media lain yang juga menggunakan hashtag
yaitu Pinterest, Tumblr, Google+, Sina Weibo, LinkedIn, dan Instagram
yang adalah milik Facebook.
Facebook menyatakan bahwa hashtag akan memunculkan suatu daftar
kronologis tentang komentar lain yang menggunakan kata yang sama baik
mereka berteman maupun tidak.
"Kami akan terus menambah fitur lain dalam
beberapa minggu dan bulan mendatang termasuk hashtag dan pengertian yang
mendalam supaya orang bisa menemukan lebih banyak lagi diskusi tentang
topik yang mereka inginkan," situs itu menyatakan.
Meski demikian, para pengguna tetap dapat membatasi siapa yang bisa melihat apa yang mereka publikasikan dengan hashtag itu.
Seorang analis media sosial Andrew Frank
mengatakan: "Saya rasa mereka melihat konsep hashtag sukses di Twitter
dan tidak ada alasan kenapa mereka tidak mengadaptasi konsep itu."
"Hashtag begitu populer di kalangan para pengiklan. Mereka ingin memperluas nilai dan jangkauan iklan," kata dia.
Saat ini Facebook tidak mengijinkan para
pengiklan untuk menjangkau langsung para penggunanya melalui hashtag.
Bagaimana dengan kelanjutan fitur hastag ini? Kita hanya bisa menunggu dan melihat apa yang terjadi
selanjutnya.
Buku yang relefan adalah,
.
Topics: Jejaring Sosial
Tentang Blog ini
Temukan artikel yang menginspirasi dan lucu
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
yah..,
ReplyDeletesayang facebook bisanya hanya meniru ..,
padahal facebook jejaring sosial yang banyak diminati oleh manusi ..
@Bagus terima kasih atas kunjungannya bro.
ReplyDeleteada kalanya sebuah perusahaan melakukan hal tersebut.
Untuk masalah hastag, facebook memang meniru twitter.
Semoga facebook dan twitter melakukan kerja sama yang baik sehingga user tidak dibuat pusing. Tapi menikmatinya...